koutei-teki-koutei-teki-koutei-teki-koutei-teki-koutei-teki-koutei-teki-koutei-teki-koutei-teki-koutei-teki-koutei-teki-koutei-teki-koutei-teki-koutei-teki-koutei-teki-koutei-teki-koutei-teki-koutei-teki-koutei-teki-koutei-teki

29 September 2009

Tutorial Digital-coloring (amatir)

Iyaaaa!!
Gw harus blg ini amatir, karena memang gw sendiri bukan pro dan ini bkn bidang gw... (kadang gw suka lupa klo gw ini kuliah arsitek)..

Lgsg mulai aj deh... gw ga tau kata pembuka yg cocok soalnya... hahhaha...

Disini, gw akan pake gambar yg gw buat sendiri di kertas A4..
setelah sket pake pensil, gw tebelin pake marker a.k.a spidol a.k.a boxi..
Berhubung gw gak punya scanner, dgn modal kamera 2mpx nya hp, gw transfer gambar tadi ke komputer...
Gw ambil (foto)beberapa kali dgn maksud mencari yg terbaik...


Ini gw ambil 5 foto... lalu gw pilih satu yg menurut gw paling bagus...
Abis dapet yg menurut gw cukup bagus, gw buka foto itu di Photoshop (CS2)..
Setelah itu gw mulai perbaiki kualitas gambarnya supaya bs jadi "lineart" yg cukup baik..
Cara yg biasa gw lakuin adalah sbg berikut..


Pertama2, gw tambahin layer "Level" di atas layer utama.. trus seting cari kontras yg baik.. maksudnya, yg harusnya putih ya gw putihin, yg harusnya hitam (garis gambar) ya gw gelapin..
caranya, geser2 tombol di grafik level... hmmm gw ga perlu jlasin lbh rinci kyknya...



Setelah kira2 cukup puas dgn level, gw lanjutin bersih2nya pake "dodge tool"... Tool ini fungsi aslinya adalah untuk menambah brightness pada area yg kita mau.. cara pakenya sama kyk brush.. Nah, gw pake dodge ini untuk bersihin area2 yg kurang putih karena bayangan dsb..


Kalau kita liat2, berhubung ini hasil jepretan kamera hape, foto yg dihasilkan jadi byk noisenya.. dan warna2 nya agak kacau dikit.. hahhahaa... Buat lineart, gw cuma perlu warna item untuk garisnya, dan putih untuk warna dasarnya... so, gw buat layer baru: color fill (hitam), lalu blending nya gw pilih yg "color"... liat gambar diatas de klo ga percaya... sederhananya, gw bikin gambar ini jadi greyscale...


Oke.. crop gambar... kita ambil yg bagian yg perlu aja... setelah itu flatten image untuk nyatuin layer level, color fill sama background.. sperti gmbr di bwh.. hihihi...



Berikutnya, gw bersih2in sisa2 "kotoran" yang ada... berupa coretan2 ga perlu dan bercak2 lainnya...







Setelah kira2 cukup bersih.. kita flatten image sekali lg... trus beres deh bersih2nya... ini perbandingannya...


Gak jelek2 amat kan... walau gak semulus hasil scan... setidaknya cara seperti ini bs gw pertahankan utk sekian byk karya digital coloring gw...
lanjut! kita mulai warnainnya... hahahha...
Pertama, buat layer kosong baru diatas layer utama...


Setelah itu, kita mulai warnain... bisa pake brush, atau paint bucket... tapi gw saranin sih pake brush aja... agak lama tapi lbh baik... bisa dibantu pake seleksi2 disana sini biar warna nya ga bleber.. atau kalau males seleksi, ya pelan2 dan sabar aj ngbrushnya...



Oh iya, sblm lbh jauh lg warnainnya, untuk layer warna ganti blendingnya ke "multiply".. tujuannya supaya garis2 dari 'lineart' tadi bisa keliatan...


Lanjut kita warnain... Tips dari gw, kita warnain warna dasar dulu.. bukan merah kuning biru, tapi maksudnya warna2 datar dulu... gausah mikirin gelap terang dulu... blm ada bayangan dsb..semua flat dulu...
kurang lbh jadi kyk gini ni...


Jelas kan ? warna nya udah hampir semua, tapi msh agak kaku,,, berikutnya kita masukin warna2 lainnya... untuk menambah "gelap terang" gambar... dan detail2 lainnya...

Dibwh ini gw pake seleksi buat warnain detail2.. buat seleksinya pake pentool... well, liat gambar aja,, hehe


Ya ampun... kecil amat ya gambarnya... hehehhe... klik aj gambarnya buat liat dgn ukuran lbh besar,,, hahhaha...
dgn seleksi, gw bs pake paint bucket dgn lbh leluasa,,, selain itu bs juga pake gradient...
beberapa detail mungkin memang akan perlu gradien...


Dengan cara2 di atas... gw udah dapet sedikit detail2 warna di bagian leher...


Yup... baru leher ni... msh byk yg belum... >.< dan setelah waktu berlalu... kira2 jadinya seperti ini deh...


Yaaa... setidaknya tidak sedatar yg warna dasar tadi lah ya... hahhahahha
selanjutnya gw masukin background...
untuk background, sesungguhnya gw sangat2 sangat2 malas untuk buatnya... hahhahaha
maka dari itu biasanya gw pake foto yg diedit... lalu tempel di bawah layer lineart dan warna...

dan setelah di tempel2... jadilah seperti ini...


Okeh... kurang lebih seperti itu yg bisa saya sampaikan...
mungkin byk yg kurang detail dari penjelasannya... tapi yaaa... lumayan lah ya...
ahahahahhaha

Tutorial ini gw buat akhir July 2009... kurang lebih 1 tahun setelah percobaan pertama gw soal digital coloring... dan sesungguhnya dari sejak percobaan pertama itu sampai waktu gw buat tutorial ini, gw sama sekali enggak melakukan digital coloring apapun... ya, 1 tahun gak ngelakuin tp tau2 bikin tutorial... aneh gak ya... hahahha
tapi setelah tutorial ini jadi sampai saat postingan ini gw buat (kurang lbh 2 bulan kemudian).. gw sering2 sket, tintain, foto, edit, digital coloring, pinjem scanner tmn dll... jadi gw bs bilang (maaf agak sedikit sombong) gw byk kemajuan dalam 2 bulan... well,. practice makes perfect..
berikutnya gw akan posting perbandingan digicol pertama, tutorial ini, dan beberapa yg sudah agak2 maju.. hahahhaha

THX.. comment plis.. huhuy...

0 comments: